Rabu, 21 September 2016

SKREENING KESEHATAN DI MTs. & MA DARUL LATIF DESA KEDAYUNAN

Kabat, 21 September 2016

Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  di sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.
Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap murid kelas satu di SD/RA, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA  negeri dan swasta yang dilakukan oleh suatu Tim Penjaringan Kesehatan dibawah koordinasi Puskesmas. Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS.

Berkaitan dengan program UKS, Tim penjaringan Puskesmas Kabat melakukan Skreening Di MTs. & MA Darul Latif Kedayunan dengan Jumlah murid MTs. 14 Murid dan MA. 26 Murid. Kegiatan yang dilakukan TIM penjaringan diantaranya Pemeriksaan tinggi badan, Berat badan, Tekanan darah, suhu, nadi, pernafasan, gigi & Mata serta kesehatan umum lainnya. Selain itu tim penjaringan Puskesmas Kabat memberikan pembinaan tentang cara mengukur Tinggi Badan dan Berat Badan.
Pengukuran Berat Badan

Pengukuran Tinggi Badan

Pemeriksaan Fisik Kesehatan oleh dr. Nur Anis Agustina

Pemeriksaan Gigi oleh drg. Ai Nurul Hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen (nama)