Sabtu, 17 September 2016

KEGIATAN PEMICUAN 5 PILAR STBM



KEGIATAN PEMICUAN 5 PILAR STBM DI DESA PAKISTAJI

Kabat, 15 September 2016

Desa Pakistaji kec. Kabat menjadi salah satu target desa ODF tahun ini. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Kabat bersama dengan Desa Pakistaji anatara lain dengan melakukan pemicuan-pemicuan baik di institusi pendidikan maupun di komunitas seperti di pengajian, posyandu, pertemuan di balai desa. Kegiatan pemicuan 5 pilar STBM ini bertujuan untuk memicu masyarakat untuk melakukan perilaku buang air besar dengan menggunakan secara konsisten sarana jamban sehat, baik milik sendiri mapun tidak (sharing) sehingga dapat memutus rantai penularan penyakit berlian.

Desa Pakistaji adalah Desa yang mempunyai potensi terjadinya KLB Diare, karena masih banyak masyarakatnya baik yang sudah memiliki jamban sendiri maupun belum masih BAB di sungai. Oleh karena sangat perlu dilakukan kegiatan pemicuan pilar 1 STBM ini. 
Kegiatan pemicuan ini diawali dengan bina suasana, kemudian penyampaian materi tentang penyakit berlian dan penyebabnya, perlaku hidup bersih dan sehat, baru kemudian masuk ke proses pemicuannya. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim yang Solid Puskesmas Kabat, yang terdiri dari Dokter Umum, Sanitarian, Bidan Desa dan Perawat Ponkesdes. Proses pemicuan ini dilakukan mulai pukul 09.30 s/d 14.00 WIB.
Setelah proses pemicuan selesai kemudian muncullah kesepakatan bersama TOMA, Kader, dan masyarakat Kabat untuk membuat komitmen bersama untuk menciptakan desa Pakistaji menjadi Desa yang bersih, indah dan sehat dengan tidak BAB dan buang sampah di sungai.
Alhamdulillah kegiatan STBM ini disambut baik oleh Perangkat Desa Pakistaji maupun oleh TOMA dan Ibu-ibu Kader Posyandu dan masyarakat , karena sudah ada kesadaran bersama bahwa untuk menciptakan lingkungan yang sehat perlu kerja sama lintas sektor yang bagus, dimana masing-masing elemen mengambil perannya masing-masing. Peserta pemicuan ini sebagian besar dihadiri oleh ibu-ibu kader kesehatan, karena diharapkan bisa member contoh untuk masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak BAB dan buang sampah di sungai. 
Penyampain Materi dari dr. Nur Anis Agustina
Penyampaian dari Koordinator Gizi Dian Sapta A.l.,Amd.Keb

Penandatangan Komitmen diwakili Petugas Puskesmas dr. Nur Anis Agustina
Penandatangan Komitmen Oleh Bpk. Kades Pakistaji
 
Foto Bersama Kader, Masyarakat dan Petugas Puskesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen (nama)