Sabtu, 17 September 2016

Pemeriksaan Epidimiologi (PE) Kasus DBD di Ds. Tambong



KEGIATAN PE KASUS DBD DI TAMBONG

Kabat, 16 September 2016
Kegiatan PE kasus DBD di desa tambong dsn. Krajan rt. 1 rw. 1 dilakukan karena ada laporan dari Bapak Kades Tambong pada hari kamis tanggal 15 september 2016. Kegiatan PE ini diawali dengan koordinasi dgn Koordinator DBD, Sanitarian, Entomolog,  dan Petugas Kesehatan setempat tentang adanya kasus DBD di tambong dgn identitas penderita ssb : Siti Indayani, umur 20 th, perempuan, bekerja sebagai staf di kantor desa Tambong.  Kemudian dibuat kesepakatan pelaksanaan PE pada hari  jumat 16 september 2016.
Sampai di rumah penderita, ternyata penderita sudah pulang ke rumah. Petugas puskesmas bertanya beberapa hal terkait kejadian sakit DBD, kemudian memeriksa TPA (tempat penampungan air)  meliputi bak mandi, gentong ternyata positif ditemukan jentik2. Ditemukan jg penderita panas lain di rumah penderita, namum sudah diperiksakan ke perawat dengan hasil bila kondisi penderita panas belum membaik maka sebaiknya di bawa ke RS. Selain itu petugas juga membina tentang sanitasi rumahnya meliputi jendela yg harus dibuka setiap pagi hari, adanya jendela dan ventilasi di kamar tidur, pakaian yang bergelantungan di kamar, belum adanya atap yang tembus cahaya, sehingga kamar tidur tampak gelap.
Tak lupa pula petugas sanitasinya , membina tentang sanitasi dasar rumah seperti adanya sarana jamban keluarga, dan ternyata keluarga ini baru akan membuat jamban keluarga. Hupp..semangat ODF.
PE dilanjutkan dengan kunjungan ke sekitar rumah penderita, dengan kegiatan pemerksaan jentik, penyuluhan, dan abatisasi. Dari 20 rumah yang diperiksa didapati 6 rumah yang positif jentik, berarti ABJ nya 70%. Ditemukan 1 (satu) penderita DBD dan 1(satu) penderita panas yang lain.
Dari hasil PE ini akan dilakukan tindak lanjut berupa umpak balik hasil PE ke Desa, dan melaporkan hasil PE ke Dinas Kesehatan Kab. Banyuwangi.



KEGIATAN KUNJUNGAN RUMAH PENDERITA DBD
Nama                   : Siti Indayani (20 th/P)
Alamat                 : Dusun Krajan rt. 1/1 Tambong
Hari/Tanggal       : Jumat, 16 September 2016
Petugas                : 1. Istiyani,Amd.
                               2. Sulastri






KEGIATAN PENYULUHAN TENTANG DBD DAN ZIKA FEVER
Alamat                 : Dusun Krajan rt. 1/1 Tambong
Hari/Tanggal       : Jumat, 16 September 2016
Petugas                : 1. Istiyani,Amd.
                              2. Sulastri









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen (nama)