Senin, 19 September 2016

Bulan Imuniasai Anak Sekolah (BIAS) go to Ds. Pakistaji



Imunisasi merupakan program jangka panjang (mencapai kurang lebih 20 tahun), untuk rancangan imunisasi itu telah dirancang lama termasuk pembuatan vaksin. Hal ini dilakukan berdasarkan Landasan Hukum UUD 1945 Pasal 28 B Ayat 2 “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan diskriminasi”. Pasal 28 H Ayat 1 “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. UU Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 dan UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009.
Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau disingkat BIAS adalah bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) atau sederajat (MI/SDLB) kelas 1, 2, dan 3 di seluruh Indonesia. Imunisasi yang diberikan adalah vaksin Campak dan vaksin DT (kelas I) dan vaksin Td (kelas II dan III).
Program ini dianggap penting karena imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I ( Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ) sampai usia anak sekolah. Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar atau sederajat (MI/SDLB) yang pelaksanaannya serentak di Indonesia dengan nama Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). 
Wilayah kerja Puskesmas Kabat salah satunya desa Pakistaji telah melaksanakan Imunisasi BIAS Campak di SDN 1 Pakistaji, SDN 2 Pakistaji, SDN 3 Pakistaji dan MI-Annajahiyah Pakistaji. Dengan jumlah sasaran 77 siswa  dan capaiannya 77 siswa.
Jangan Takut di Suntik

Pemberian Vaksin

Biar Tubuh Sehat, Yuk Segera Vaksinasi

Semangat Bertanya Penerus Bangsa Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen (nama)